KKN Kelompok 40 Desa Karang Paiton, Kecamatan Ledokombo Universitas Muhammadiyah Jember 2020 Memberi Penyuluhan Tentang Pentingnya Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Perekonomian di Desa Karang Paiton


Jember - KKN Kelompok 40 Universitas Muhammadiyah Jember pada hari Selasa (11/02/20) mengadakan penyuluhan tentang pentingnya Kewirausahaan untuk meningkatkan perekonomian di desa Karangpaiton. Sebelum melakukan adanya kegiatan penyuluhan ini team dari KKN 40 Universitas Muhammadiyah Jember melakukan kontrak waktu dengan pihak terkait yang akan diberikan penyuluhan yaitu ibu-ibu PKK langsung bertemu dengan ibu kepala desa Karangpaiton selaku ketua untuk melaksanakan program kegiatan yang telah disepakati oleh teman-teman KKN kelompok 40 Universitas Muhammadiyah Jember. Dari hasil yang kita dapatkan dari perbincangan dengan ibu kepala desa, beliau mengatakan “Bagus program kerja ini dilakukan dan ibu-ibu PKK sebagai target yang ditujukan, karena pada dasarnya  masih banyak dari mereka yang tidak bekerja dan hanya menjadi seorang ibu rumah tangga, ada juga sebagian dari mereka yang bekerja namun sebagai buruh tani dan sebagainya, sehingga harapannya dengan diadakannya penyuluhan ini mereka tidak akan selalu bergantung kepada orang lain dalam hal pekerjaan melainkan membuat sebuah usaha sendiri, menciptakan lapangan pekerjaan, memanfaatkan potensi yang ada di desa guna meningkatkan perekonomian di desa dan untuk meningkatkan standar hidup keluarga khususnya”.


Kelompok KKN 40 Universitas Muhammadiyah Jember melakukan persiapan penyuluhan seperti halnya mempersiapkan materi tentang kewirausahaan, mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam penyuluhan seperti Power Point dan produk inovasi dari bahan dasar tempe yaitu berupa keripik tempe. Dengan adanya produk inovasi dari kami, diharapkan ibu-ibu PKK dapat tertarik/berminat untuk mengambil peluang ini dan dapat menjadikannya sebagai salah satu ide bisnis/usaha yang dapat membantu mereka untuk menambah sumber pendapatan, membantu dalam memberdayakan sumber daya manusia yang membutuhkan pekerjaan. Kami membuat inovasi keripik tempe dikarenakan kami melihat bahwa di desa Karangpaiton terdapat usaha pabrik tempe, sehingga kami mengambil peluang itu untuk menjadikan tempe sebagai bahan dasar kami dalam membuat sebuah inovasi berupa keripik tempe. Tujuan dari inovasi yang kami buat ialah untuk menarik minat ibu-ibu PKK untuk memulai bisnis dengan produk inovasi dari kami berupa keripik tempe yang dapat dijadikan peluang bisnis/usaha.
Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN melakukan penyuluhan tentang pentingnya kewirausahaan kepada ibu-ibu PKK. Mengenalkan betapa pentingnya berwirausaha untuk mengasah potensi dari masing-masing individu, membangun dan menciptakan sebuah inovasi yang kreatif dan bermanfaat untuk semua orang, meningkatkan standar hidup, menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan mengajarkan kita untuk hidup mandiri dengan membuat sebuah usaha milik pribadi yang menguntungkan bukan hanya untuk diri sendiri melainkan menguntungkan pula bagi orang lain yang membutuhkan pekerjaan.
Penyuluhan ini dimulai pada Pukul 19.15 wib dan berakhir pada pukul 20.15 wib. Alhamdulilah antusias dari ibu-ibu PKK sangatlah luar biasa. Mereka sangat memperhatikan setiap materi yang dijelaskan oleh mahasiswa KKN 40 UM Jember. Kami menyiapkan beberapa keripik tempe yang sudah jadi dan siap konsumsi untuk diberikan kepada ibu-ibu PKK sebagai sampel atau percobaan dari inovasi kami. Setelah mereka mencicipinya, mereka sangat menyukai rasa dan teksturnya yang renyah dari olahan keripik tempe yang kami buat. Penyuluhan ini berjalan dengan sangat baik dibuktikan dengan adanya beberapa ibu-ibu yang berminat menjadikan inovasi dari kami sebagai peluang bisnis mereka. Setelah selesai kegiatan penyuluhan kami mahasiswa KKN 40 UM Jember berpamitan kepada seluruh ibu-ibu PKK yang hadir dan sangat berterimakasih atas waktu dan antusiasnya yang luar biasa. Semoga dengan adanya kegiatan penyuluhan ini dapat bermanfaat untuk semua yang telah hadir dan dapat mempraktikkannya dengan baik dan dapat bermanfaat untuk membantu semua orang dan membantu untuk meningkatkan taraf hidup yang ada di desa Karangpaiton.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel